ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤِﻴﻦَ
orang yang berdakwah (menyeru) kepada Allah,
mengerjakan amal yang saleh, dan berkata:
"Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang
menyerah diri?"
(Fushilat (41): 33).
ﺑِﺎﻟَّﺘِﻲ ﻫِﻲَ ﺃَﺣْﺴَﻦُ
[ Q.S. An-Nahl 16: 125 ].
ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﺴْﺘَﻄِﻊْ ﻓَﺒِﻘَﻠْﺒِﻪِ ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﺃَﺿْﻌَﻒُ ﺍﻟْﺈِﻳﻤَﺎﻥِ
dengan lisannya, jika tidak mampu, ubahlah dengan
hatinya, dan yang terakhir inilah selemah-lemah
iman.” [ H.R. Muslim ].
ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﻣَﻠَﺎﺋِﻜَﺘَﻪُ ﻭَﺃَﻫْﻞَ ﺍﻟﺴَّﻤَﻮَﺍﺕِ ﻭَﺍﻟْﺄَﺭَﺿِﻴﻦَ ﺣَﺘَّﻰ ﺍﻟﻨَّﻤْﻠَﺔَ ﻓِﻲ
ﺝُﺣْﺮِﻫَﺎﻭَﺣَﺘَّﻰ ﺍﻟْﺤُﻮﺕَ ﻟَﻴُﺼَﻠُّﻮﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﻣُﻌَﻠِّﻢِ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮَ
ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺃﻣﺎﻣﺔ ﺍﻟﺒﺎﻫﻠﻲ
memberi banyak kebaikan, para malaikat-Nya,
penghuni langit dan bumi, sampai semut-semut di
lubangnya dan ikan-ikan selalu mendoakan orang-
orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang
lain.” (HR. Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili).
al-‘ilm (pengetahuan), dan an- Nubuwwah(kenabian). Di samping
itu, al-hikmah juga diartikan
sebagai menempatkan sesuatu pada proporsinya.
Sebagai metode dakwah, al-Hikmah diartikan bijaksana, akal budi
yang mulia, dada yang lapang, hati
yang bersih, dan menarik
perhatian orangkepada Agama atau Tuhan.
tepat adalah seperti yang
dikatakan oleh Mujahid dan Malik yang mendefinisikan bahwa hikmah adalah pengetahuan
tentang kebenaran dan
pengamalannya, ketepatan dalam perkataan dan pengamalannya.
Hal ini tidak bisa dicapai kecuali dengan memahami Al-Qur’an, dan
mendalami Syari’at-syari’at Islam serta hakikat iman.
Ahmad Mahmud An-Nasafi, arti Dakwah bil-hikmah adalah dakwah
dengan menggunakan perkataan yang benar dan pasti, yaitu dalil
yang menjelaskan kebenaran dan
menghilangkan keraguan.
kitabnya “al-Kasyaf”, al-Hikmah adalah perkataan yang pasti dan
benar. Ia adalah dalil yang
menjelaskan kebenaran dan menghilangkan keraguan atau
kesamaran.
Zamakhsyari mengatakan hikmah juga diartikan sebagai Al-Qur’an
yakni ajaklah mereka (manusia) mengikuti kitab yang memuat hikmah.
Said bin Ali bin wahif al-Qathani diuraikan lebih jelas tentang pengertian al-Hikmah, antara lain:
2.memperbaiki (membuat manjadi lebih baik atau
pas) dan terhindar dari kerusakan ungkapan untuk mengetahui sesuatu yang
utama dengan ilmu yang utama obyek kebenaran(al-haq) yang didapat melalui
ilmu dan akal
pengetahuan atau ma’rifat.
wara’ dalam Dinullah, meletakkan sesuatu pada
tempatnya dan menjawab dengan tegas dan
tepat.
ﺍﻟْﻤُﻨﻜَﺮِ ﻭَﺗُﺆْﻣِﻨُﻮﻥَ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻟَﻮْ ﺁﻣَﻦَ ﺃَﻫْﻞُ ِ
ﻣِّﻨْﻬُﻢُ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨُﻮﻥَ ﻭَﺃَﻛْﺜَﺮُﻫُﻢُ ﺍﻟْﻔَﺎﺳِﻘُﻮﻥَ
manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan
mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah
(QS Ali Imran 110)
berakhlakul karimah
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda
“Sesungguhnya aku diutus (Allah) untuk
menyempurnakan Akhlak. ” (HR Ahmad)
Firman Allah ta’ala yang artinya,
“Sungguh dalam dirimu terdapat akhlak yang mulia ”.
(QS Al-Qalam:4)
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu
suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang
yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan)
hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah ”. (QS
Al-Ahzab:21)
(tempat menanak nasi) yang hitam. Dia hitam, dan
dia ingin menempelkannya ke kulit kita. Kalau kita
terpancing, maka yang hitam itu menjadi dua.
Jadi kalau sampai kita sadar bahwa ada ruhani yang tidak stabil, dan kita terpancing untuk tidak stabil, maka
sesungguhnya yang terjadi adalah dua
ketidakstabilan, karena kita terpancing“.(mutiarazuhud.
ﻭَﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻣَﺎ ﺃَﻧَﺎ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﺸْﺮِﻛِﻴﻦَ
orang-orang yang mengikutiku berdakwah (mengajak kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang
musyrik". (Yusuf (12): 108).
"Allah menyeru menuju Darus Salaam(SyurgaNya)"
(QS Yunus25),
perjumpaan dengan Allah dan ingin selamat di Hari
Akhirat, dan dia banyak berdzikir kepada Allah"
(QS Al Ahzab 21).
daripada kamu memiliki onta onta merah”
(HR Muttafaqun alaihi),
"Katakanlah ‘Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang
orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada
Allah dengan hujjah yang nyata..." (QS Yusuf 108),
lebih baik perkataannya daripada orang yang
menyeru kepada Allah, mengerjakan amal shalih,
dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang
orang yang menyerah diri?” (QS Fusilat 33),
0 comments:
Post a Comment